Universitas Bhinneka PGRI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Perpus Menyapa
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Filsafat pendidikan : teori klasik hinga postmodernisme dan problematikanya di Indonesia

Text

Filsafat pendidikan : teori klasik hinga postmodernisme dan problematikanya di Indonesia

Jusrin Efendi Pohan - Nama Orang;

Pendidikan dapat dipandang sebagai aplikasi dari pemikiran filosofis, sedangkan para filsuf selaras dengan pemikirannya. Filsafat yang memberikan kerangka konseptual yang holistik tentang manusia dalam pendidikan, sedangkan pendidikan yang meletakkan manusia sebagai titik tolak (starting point) dan sebagai titik tujuan (ultimate goal). Oleh sebab itu, pemaknaan pendidikan berawal dari pemaknaan tentang hakikat manusia dan manusia yang melahirkan teori pendidikan. Teori pendidikan itulah yang dipraktikkan dalam proses pembelajaran dari berbagai aliran filsafat. Pendidikan bukan sekadar pengembangan manusia secara fisiologis, pengayaan materiil, maupun keterampilan, melainkan pendidikan berlangsung secara sistematik dan relasional untuk membentuk manusia yang sesungguhnya. Landasan ilmu pendidikan menjadi proses pemanusiaan manusia, yaitu hakikat manusia sebagai makhluk pendidikan yang pada akhirnya akan terwujud kesadaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Kesadaran manusia sebagai manusia tidak dibawa lahir, tetapi diperlukan pendidikan untuk menopang aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan (kognitif). Buku Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia ini menyajikan pemikiran-pemikiran filosofis terhadap teori-teori pendidikan yang dimulai dari teori klasik hingga postmodern. Di samping itu, buku ini juga menyajikan masalah-masalah pendidikan yang terjadi dan sudah menjadi rahasia umum yang hendaknya perlu dicari solusinya bersama. Beberapa solusi yang ditawarkan sebagai “obat” masalah-masalah pendidikan tersebut juga dihadirkan dalam buku ini. Buku ini sangat cocok dimiliki oleh aktivis penggiat pendidikan, guru, dosen, dan mahasiswa S-1, S-2, S-3 sebagai wahana pergulatan keilmuan pendidikan.


Ketersediaan
UBHI017176B370.1 JUS fUPSB UBHI (300-399)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.1 JUS f
Penerbit
Depok : Rajawali press., 2019
Deskripsi Fisik
xvi, 270 halaman ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-231-030-8
Klasifikasi
370.1 JUS f
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed.1 ,Cet 1
Subjek
filsafat
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Universitas Bhinneka PGRI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Buku Tamu
  • Login

Tentang Kami

Sebagai Perpustakaan utama Universitas Bhinneka, SUMBER BELAJAR menyediakan berbagai macam koleksi buku untuk pemustaka.

Cari

Masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Website Utama Pendaftaran Mahasiswa

Support


© 2025 — Administrator LPTIK

Ditenagai oleh LPTIK
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik