Text
PENGUATAN CIVIC DISPOSITION MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BERKESADARAN HUKUM SISWA SMP NEGERI 1 PUCANGLABAN
Salah satu dari banyak masalah yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah nasionalisme dan nilai-nilai bangsa yang hilang atau menurun di kalangan remaja. Sejak kurun waktu sekitar lima tahun kebelakang di Tulungagung banyak terjadi kasus kasus pelanggaran hukum yang disebabkan oleh siswa yang masih duduk dibangku sekolah menengah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penguatan Civic Disposition untuk meningkatkann perilaku berkesadaran hukum dikalangan siswa. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kesadaran hukum siswa SMP Negeri 1 Pucanglaban terhadap tata tertib sekolah dapat meningkat melalui penguatan civic disposition yang ada dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu analisis data dalam bentuk kata- kata, kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sehingga dapat memberikan gambaran masalah yang sedang diteliti di SMP Negeri 1 Pucanglaban. Sumber data pada penelitian ini yaitu Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Guru Pendidikan Pancasila, dan 10 Siswa SMP Negeri 1 Pucanglaban, serta teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penguatan Civic Disposition dapat meningkatkan perilaku berkesadaran hukum terhadap tata tertib dikalangan siswa erutama dalam membentuk kedisiplinan dan sikap tanggung jawab pada siswa sehingga nilai- nilai dalam Civic Disposition dapat tertanam dalam diri siawa dan mampu memahami akan aturan yang telah ditetapkan sehingga siswa menjadi paham akan Hak dan Kewajiban sebagai warga negara.
SKR2400001S | FPPTI 2024 KUS p | UPSB UBHI (Skripsi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain