Text
Pengaruh Digital Marketing dan Diskon Terhadap Impulsive Buying Melalui Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI
Di era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi yang kian pesat membawa dampak yang cukup besar salah satunya pemanfaatan tekhnologi digital yang dilakukan oleh pelaku bisnis melalui Marketplace Shopee untuk melayani kebutuhan konsumen kebutuhan konsumen yang ingin dilayani secara serba cepat. Dengan tingginya kunjungan marketplace Shopee tersebut, memunculkan suatu fenomena Impulsive Buying. Strategi yang dilakukan oleh pelaku bisnis yakni dengan kemampuan Digital Marketing dalam memberikan penyampaian produk dan memberikan tawaran menarik seperti diskon yang tentunya dengan sistem pengelolaan yang baik maka dapat memaksimalkan adanya Impulsive Buying. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada Mahasiswa Universitas Bhinneka PGRI Prodi Pendidikan Ekonomi mengatakan bahwa digital marketing belum mampu menggerakkan pembelian secara impulsive dan tidak mempermasalahkan ada atau tidaknya diskon. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan diskon terhadap Impulsive Buying melalui marketplace shopee pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 mahasiswa. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 24.0. Hasil penelitian uji t terbukti bahwa Digital Marketing (X1) nilai thitung < ttabel yaitu (1,759 > 1,991) yang artinya H0 diterima Ha ditolak. Dan diskon (X2) nilai thitung > ttabel yaitu (2,452>1,990) yang artinya H0 ditolak Ha diterima . Uji f menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu (4,435 > 3,108) Hal ini menunjukkan ada pengaruh variabel Digital Marketing dan diskon terhadap Impulsive Buying. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,418 Artinya Impulsive Buying dipengaruhi oleh Digital Marketing dan diskon sebesar 41,8 % dan sisanya 58,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yag tidak diteliti dalam penelitian ini.
SKREKO2400001S | FPPTI 2024 SER p | UPSB UBHI (Skripsi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain