Text
KREATIVITAS MENULIS NARASI SUGESTIF KELAS IV SDN III TANGGULWELAHAN KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG
Kreativitas dalam dunia Pendidikan sangat penting, karena diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi individu yang kreatif, mampu, dan mandiri. Penelitian ini berfokus bagaimana kreativitas peserta didik SDN III Tanggulwelahan dalam menulis narasi sugestif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana kreativitas peserta didik SDN III Tanggulwelahan dalam menulis narasi sugestif. Penelitian ini diharapkan dapat memaksimalkan pembelajaran dan dijadikan refrensi dalam menulis narasi sugestif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode penelitian kualitatif dipilih dalam penelitian ini dengan tujuan mendeskripsikan kreativitas peserta didik dalam menulis narasi sugestif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN III Tanggulwelahan. Berdasarkan hasil observasi teks narasi sugestif peserta didik dengan nilai rata-rata 75% dan angket dengan nilai rata-rata 70% kemudian diperkuat oleh hasil wawancara dengan bapak Tommy Alan Wahfiudin, S.Pd selaku guru kelas IV SDN III Tanggulwelahan, Kreativitas peserta didik tersebut dipengaruhi oleh pembelajaran Bapak Tommy yang membuat lingkungan belajar dalam menulis narasi yang baik yaitu dengan memberikan akses berbagai jenis cerita di pojok baca baik fiksi maupun non fiksi. Bapak Tommy juga memberikan latihan-latihan menulis narasi, seperti mengurutkan isi cerita dan menggabungkan cerita untuk menumbuhakan elaborasi kepada peserta didik Berdasarkan hasil observasi teks, angket, dan wawancara tersebut Penelti menarik kesimpulan peserta didik SDN III Tanggulwelahan memeiliki kreativitas yang tinggi
SKRSD2400001S | FPPTI 2024 FIR k | UPSB UBHI (Skripsi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain