Text
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Gaya kognitif dengan kemampuan berpikir kreatif saling berkaitan erat. Soal pemecahan masalah matematika merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih tergolong rendah. Melalui pembelajaran berdiferensiasi diharapkan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan gaya kognitifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mempunyai gaya kognitif reflektif serta impulsif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa lembar observasi, soal tes, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Empat indikator kemampuan berpikir kreatif adalah kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Dua subjek dengan gaya kognitif reflektif masing-masing memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif) memenuhi indikator kelancaran dan fleksibilitas, sedangkan subjek reflektif lainnya memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif) memenuhi indikator kelancaran, fleksibilitas, dan orisinalitas. Untuk dua subjek dengan gaya kognitif impulsif memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif) yang sama memenuhi indikator fleksibilitas dan orisinalitas, sedangkan subjek impulsif lainnya memenuhi elaborasi saja. Guru matematika hendaknya memberikan pembelajaran yang sesuai kebutuhan gaya kognitif siswa dan siswa hendaknya lebih sering mengerjakan soal-soal pemecahan masalah matematika.
SKRMAT2400001S | FPPTI 2024 GRA a | UPSB UBHI (Skripsi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain