Text
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI SISWA SMP MA’ARIF TRENGGALEK DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN PADA JENJANG BERIKUTNYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap motivasi siswa SMP Ma’arif Trenggalek dalam melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMP Ma’arif Trenggalek dengan sampel sejumlah 67 siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan statistik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 67 siswa SMP Ma’arif Trenggalek, 6 siswa memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan.
Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial variabel lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan, variabel lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan, dan secara simultan variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan.
SKREKO2400002S | FPPTI 2024 REK p | UPSB UBHI (Skripsi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain